Tiga bangunan tua di Tegalsari

1.04.2010

Sering melewati jalur ini antara Tegalsari dan Jl. Tunjungan dan setiap kali melewati tidak pernah terlintas kalau di jalan ini terdapat beberapa banguna kuno yang menarik saya.
Namun ketika kemarin saya melalui jalan ini, tanpa sengaja mata saya tertuju pada sebuah bangunan yang menurut hemat saya termasuk bangunan tua.
Menilik bentuknya saya yakin ini adalah bangunan tua yang dalam keadaan rusak, tapi kami merasa lega sebab ketika saya dalam kesempatan lain, beberapa hari setelahnya dalam rangka meomotret bangunan ini saya melihat bahwa bangunan ini dalam tahan dibenahi.
Bangunan yang sempat saya abadikan ini adalah bangunan tua yang berada di Jl. Tegalsari No. 50.




















Dalam kesempatan itu pula, ketika saya memotret rumah ini tanpa sengaja saya juga  bisa melihat beberapa bangunan yang ada di sebelahnya, saya menganggap juga masih merupakan bangunan kuno namun bentuknya berbeda dengan bangunan yang sudah saya saksikan sebelumnya, Bangunan ini juga tererletak di Jl. Tegalsari No. 46.




Bangunan yang di No. 46 ini kelihatan meskipun tergolong tua, tapi menurut saya mungkin umurnya belum sebegitu tua, dibanding dengan bangunan yang sudah saya foto sebelumnya [ JL. Tegalsari No. 50 ] namun bangunan ini masih terlihat terawat baik dan bersih, mungkin karena bangunan ini masih penghuninya.





Sebetulnya masih ada bangunan satu lagi yang saat itu sempat saya foto, yaitu bangunan yang ada di Jl. Tegalsari No. 52, bangunan ini malah terkesan masih bersih dan terawat dengan baik, bahkan terkesan sangat cantik dibanding dengan bangunan-bangunan sebelumnya yang saya foto. Bangunan ini menilik bentuknya masih sama bahkan mungkin seangkatan dengan bangunan yang ada di sebelahnya No. 50.
Itulah tiga banguna nyang hari situ sempat saya tengok ketika kami jelajah kota bersama si Non, semoga jelajah kali ini akan bermanfaat dan tentunya menjadi pengobat rindu saya akan keberadaan bangunan-bangunan tua dimana saja, ketika kami jelajah kota.



12 komentar:

bayu mengatakan...

antik bwangeeet..:D

Kang Eko mengatakan...

iya...sayang saya ndak punya data2 yang banyak mengenai grdung ini.

oelil mengatakan...

Kang Eko selalu nggandulke kamera yo..wah asik ki okeh kenangan yg bisa diabadikan...
salam Bala Tidar

Bala Tidar mengatakan...

sayang nggak kerumat nggih Kang?

Anonim mengatakan...

Blog yang menarik. Salam kenal Mas Eko dari http://rasanrasan.wordpress.com

Kang Eko mengatakan...

@Oelil: hehehe, gak ah mas oelil, salam bala tidar
@Bala Tdr: iya, tp beberapa rmh masih dipakai dan dirawat, yang paling atas saya kesana masih dalam pengerjaan renovasi, katanya mau dipakai..jadi untung bangunan-2 itu terawat dg baik
@Ajibon: salam kenal juga mas aji, sy malah sdh berkunjung to ?

Manda La Mendol mengatakan...

kenapa ya bangunan tua itu jauh lebih kokoh timbang bangunan saiki?

moch-asim mengatakan...

Moga-moga akan tetap bertahan...sampe nanti qt jadi kakek-kakek ^_^v

annosmile mengatakan...

gedung2 tua yang harus dilestarikan
bagus juga sebagai tempat foto pre-weeding
eh foto preweeding dilarang ya..

Kang Eko mengatakan...

@mbak mand: kokoh, perhitungannya lebih sip kali ya mbak
@mas asim: semoga ya mas
@mas Anno: mosok dilarang mas ?

Rhino Cerros mengatakan...

boz rumah2 tua yang desainnya kayak d jalan prambanan gubeng ada g???
minta infonya boz???
thx.

Kang Eko mengatakan...

Lyrics Bolly : rumah seperti yg anda maksud...di sby ini masih banyak..hanya kondisinya banyak yg gak terawat..makasih dah berkunjung ke blog ini...salam kenal

Posting Komentar